Meta tag lengkap

meta tag lengkapMeta tag lengkap dan terbaru akan ane bahas kali ini. Berdasarkan pengalaman dan searching dari blog satu ke blog lainnya mengenai meta tag lengkap belum ada yang selengkap seperti yang mau ane share kali ini. Bukan maksud mau menyombongkan diri loh gan, tapi ane sharing kali ini berdasarkan pengalaman ane yang ingin melengkapi optimalisasi seo blog ane. Setelah hampir sebulan ane ngotak-ngatik meta tag agar seo friendly dan akhirnya ane dapat menggabungkan meta tag yang standart bawaan template dengan beberapa meta tag seperti dublin core dan geo meta tag.

Menurut beberapa pakar blog, mereka mengatakan bahwa pengunjung adalah nomor satu dan robot google adalah nomor dua, tapi bagi ane itu kebalik gan. Buat mendapatkan pengunjung yang banyak tentunya optimalisasi seo kita harus bagus kan dan itu artinya berhubungan dengan robot mesin pencari. Setelah blog/web kita bagus dimata robot tentunya pengunjung /traffic pun akan berdatangan sesuai dengan kata kunci yang kita target. Seperti yang dikatakan guru ane bahwa rumus mendapatkan ranking adalah "keywords yang tepat + konten yang berkualitas + backlink = Rangking". So pada bagian keywords dan konten itu berhubungan dengan on page yang tidak lain kita harus bisa mendesign konten dan meta tag yang sempurna. Sedangkan backlink merupakan off page yang berguna untuk memperkuat situs kita di mata google.

Oke gan langsung aja copas script meta tag lengkapnya berikut ini
Pertama cari dulu script ini <title><data:blog.pageTitle/></title> dan kemudian tempatkan tepat di bawahnya, kalau menemukan ada dua pilih yang paling atas, karena biasanya meta tag berada diatas.
PERHATIAN jangan lupa dihapus meta tag bawaannya dan ganti dengan meta tag lengkap di bawah ini:

<meta content='Deskripsi blog sobat' name='DESCRIPTION'/>
<meta content='keyword 1, keyword 2, keyword 3...' name='KEYWORDS'/> </b:if>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
<meta expr:content='data:blog.pageName + &quot;, &quot; + data:blog.title + &quot;, &quot; + data:blog.pageName' name='Description'/>
<meta expr:content='data:blog.pageName + &quot;, &quot; + data:blog.title + &quot;, &quot; + data:blog.pageName' name='Keywords'/>
</b:if>
<meta content='text/html; charset=UTF-8' http-equiv='Content-Type'/>
<meta content='true' name='MSSmartTagsPreventParsing'/>
<meta content='blogger' name='generator'/>
<meta content='INDEX,FOLLOW' name='Robots'/>
<meta content='global' name='target'/>
<meta content='ALL' name='SPIDERS'/>
<meta content='ALL' name='WEBCRAWLERS'/>
<meta content='general' name='rating'/>
<meta content='global' name='distribution'/>
<meta content='judul blog sobat' name='DC.title'/>
<meta content='id' name='language'/>
<meta content='id' name='geo.country'/>
<meta content='Indonesia' name='geo.placename'/>

Keterangan

Meta tag selain yang saya kasih warna secara keseluruhan sudah ada dan terpasang pada template sobat, kalo yang belum berarti meta tag lengkap ini akan sangat membantu untuk melengkapi kekurangan itu. Oke sedikit memberi penjelasan mengenai tambahan yang saya kasih warna pada script diatas

  1. MERAH : Silahkan yang warna merah itu ganti menurut keywords dan deskripsi blog sobat.
  2. HIJAU : Nah yang ini adalah script untuk membuat keywords otomatis pada setiap postingan, yang pentingnya disini adalah sobat harus membuat judul blog itu sama dengan keyword yang sobat target. Soalnya nanti yang keindex akan seperti ini pada keyword setiap postingan sobat: judul post, judul blog, judul post. Contoh misalkan judul blog sobat adalah makanan sehat, dan judul post nya misalkan salad. Nah nanti keyword yang akan muncul pada setiap postingan akan menjadi salad, makanan sehat, salad. Keyword tersebut sudah mengandung tiga kata kunci yaitu salad, makanan sehat, dan salad. Kata kunci pada postingan tidak cukup hanya tiga kalau menurut ane, minimal lima lah. Soalnya blog ane kata kuncinya ada lima sudah dapat centrang hijau pada diagnosis seoquake nya. Untuk menyiasati supaya kata kunci pada setiap postingan menjadi ada lima. sobat bisa merubah judul blog sobat menjadi ada tiga kata kunci yang dipisahkan dengan koma. contohnya kayak gini biar jelas tadi judul blognya misalkan makanan sehat yah, ganti aja menjadi makanan, sehat, untuk hidup sehat. Ditambahkan satu kata kunci lagi dan nantinya keyword yang muncul akan menjadi salad, makanan, sehat, untuk hidup sehat, salad. 
  3. BIRU : Meta tag yang berwarna biru merupakan dublin core apa itu dublin core klik aja disini. Untuk dublin core sebenarnya tidak cuma satu doang, tapi ada banyak seperti meta tag pada umumnya. Satu aja sudah mewakili apabila di cek diagnosisnya menggunakan seoquake.
  4. Untuk selanjutnya pada language menerangkan bahwa bahasa yang digunakan adalah id yaitu Indonesia. Tapi tag yang ini tidak terindex pada diagnosis seoquakenya, supaya bisa terindex akan saya bahas pada artikel selanjutnya.
  5. Kemudian pada tag geo placement itu menerangkan negara kita, tempat dimana kita mengoperasikan blog kita. Kurang lebih mungkin seperti itu penjelasannya mohon maaf kalo kurang tepat, ane cuma lebih menekankan pada fungsi nya aja.
Oke gan ane kira cukup penjelasannya mengenai meta tag lengkap ini. Apabila ada pertanyaan, kritik maupun saran silahkan lontarkan pada komentar saja. Mohon maaf apabila ada kesalahan atau kurang jelas penjelasannya, ane juga masih belajar internet marketing.


Category Article

4 Responses to “Berbagi Tips, Informasi, dan Pendidikan”

Komentarlah jangan baca doank...