Tips Membeli AC

Sebelum memutuskan untuk membeli AC ada baiknya anda mengetahui tips membeli AC agar tidak ada keraguan dan penyesalan ketika sudah dibeli. 

Tips membeli AC wajib diketahui karena keberadaan AC saat ini memang sering kita jumpai tidak hanya di kantor-kantor, mall, tetapi juga di rumah-rumah yang sederhana pun keberadaan AC dapat ditemui.

Kegunaan AC sebagai pendingin udara mampu membuat seisi rumah menjadi sejuk dan dingin. Hawa panas diluar yang semakin lama semakin panas memang memungkinkan membutuhkan kesegaran untuk memberikan rasa nyaman dan sejuk.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, berikut ini saya share tips membeli AC yang tepat agar tidak ada kerugian dikemudian hari atas penggunaan AC di rumah anda.

Tips Sebelum Membeli AC

Tips membeli AC yang pertama adalah menentukan anggaran yang anda miliki. Berapa anggaran dana yang dapat anda keluarkan untuk membeli AC. Karena harga AC beraneka ragam sesuai kemampuan dan fitur yang mendukung seperti: hemat energi, kapasitas pendingin udara, pengatur waktu, dll. Anggaran perlu anda tentukan sebelum memutuskan untuk membeli AC yang benar-benar anda butuhkan dan sesuai kebutuhan.

Jenis AC Portabel atau Permanen

Tips membeli AC selanjutnya, anda tentukan terlebih dahulu jenis AC yang anda butuhkan. Jenis AC berdasarkan jenisnya terdiri dari jenis AC portabel dan AC permanen. AC portabel mempunyai kelebihan tersendiri dibandingkan dengan yang permanen. AC portabel bisa dipindahkan kemana-mana sesuai keinginan anda. Sebaliknya AC dengan jenis permanen hanya bisa ditempatkan pada satu tempat saja.
Kekurangan dari AC portabel adalah harganya yang lumayan dan membutuhkan daya listrik yang cukup besar. Oleh karena itu jika jenis AC ini tidak sesuai dengan kantong dan daya listrik dirumah anda tidak usah membelinya.
Kekurangan dari jenis AC permanen adalah ya itu tadi untuk mendinginkan ruangan harus ditempatkan disatu tempat. jika ingin mendinginkan ruangan semisal di kamar dan di ruangan tamu, maka anda harus mempunyai dua AC. Silahkan mau yang mana...???

Kapasitas AC yang dibutuhkan

Pilihlah AC yang mempunyai kapasitas mendinginkan ruangan sesuai kebutuhan anda. Jika AC digunakan hanya pada kamar, maka anda harus menentukan seberapa tinggi langit-langit kamar anda. Ini diperlukan agar pendinginan ruangan yang dihasilkan AC lebih optimal.
Faktor seperti ruangan terkena sinar matahari langsung, alat yang menghasilkan panas, dan seberapa banyak orang diruangan tersebut juga menentukan keoptimalan AC dalam mendinginkan ruangan.

Memilih AC yang hemat energi

Menggunakan AC yang yang low energy tentunya selain tetap bisa dingin juga dapat menghemat pengeluaran biaya listrik bulanan anda. Apalagi per 1 januari lalu tarif dasar listrik yang dikutip PLN mengalami kenaikan terutama bagi pelanggan yang memilki daya diatas 900 watt.

Jika ingin hasil yang lebih memuaskan. Anda bisa coba melakukan perbandingan daya guna listrik terhadap jenis Ac yang berbeda. Sebagai contoh anda bisa coba menanyakan kepada tetangga yang menggunakan jenis AC atau merk AC yang berbeda. Berapa banyak pengeluaran biaya listrik yang dikeluarkan setiap bulannya ketika sebelum dan sesudah memasang AC.

Dengan begitu anda bisa menentukan jenis dan merk AC apa yang cocok untuk anda gunakan. Selain sebagai penyejuk ruangan di rumah juga tidak menguras isi dompet terlalu dalam.

Fitur tambahan pada AC

Tips membeli AC yang terakhir adalah fitur. Fitur pada AC memang tidak terlalu saya rekomendasikan. Sekali lagi sesuai kebutuhan anda saja. Fitur pendukung seperti kontrol kecepatan, pengatur waktu, kualitas filter udara, low voltage dan lain-lain. Hanyalah pendukung sebuah AC untuk membedakan model AC yang satu dengan yang lainnya. Toh fungsinya tetap sama yaitu sebagai pendingin udara.

Tetapi memang dengan adanya fitur tambahan, kinerja AC akan lebih optimal dan praktis. Tetapi lihat sisi lain seperti anggaran dana anda, dan pemakaian listrik dengan adanya fitur tersebut jika dirasa memberatkan tidak perlu untuk dibeli


Itulah sedikit tips membeli AC yang mungkin dapat menjadi referensi sebelum anda memutuskan untuk membeli dan memasang AC di rumah anda.


Category Article

Komentarlah jangan baca doank...