Penyebab wajah kusam

Penyebab wajah kusam secara umum kita sudah bisa memperkirakan hal yang membuat kulit wajah menjadi kusam. Tetapi alangkah bijaknya apabila kita dapat melakukan pencegahan sebelum wajah kita menjadi kusam. Memiliki wajah yang sehat dan indah memang menjadi impian setiap orang, dengan kita pengetahui penyebab wajah kusam setidaknya dapat meminimalkan masalah wajah kusam itu sebelum terjadi.
penyebab wajah kusamPada Saat bercermin terlihat wajah kita yang kusam dan berminyak, aduh sangat tidak nyaman sekali. Rasa percaya diri pun turun dan rasa minder yang semakin besar apalagi kalau lagi pada kumpul-kumpul sama teman lama, waah semakin tidak nyaman dan jadi ga bisa gerak bebas karena rasa percaya diri yang turun. Oleh karena itu berdasarkan pengalaman tersebut saya jadi ingin berbagi sama sobat semua mengenai cara mengatasi wajah kusam secara alami dan tradisonal.

Sudah banyak menggunakan banyak produk kecantikkan untuk menghilangkan wajah kusam? dan hasilnya kurang memuaskan ditambah lagi apabila kulit tidak cocok dengan produk yang dipakai, alhasil timbul penyakit baru di wajah seperti alergi, jerawat dan lain-lain. Ada banyak cara mengatasi wajah kusam secara alami dan terbuat dari bahan-bahan yang mudah didapat. Tapi sebelum itu saya ingin berbagi apa sih penyebab wajah kusam dan berminyak?
Tentunya masalah wajah kusam sering dialami oleh pria maupun wanita. Dan wajah yang sehat, cantik dan mulus menjadi impian setiap orang. Oleh karenanya kita wajib menjaga kulit wajah kita agar penampilan kita tetap dapat terjaga dari kerusakan. Okay..ini nih salah satu penyebab wajah kusam:

Stres

Stres ternyata memiliki banyak efek sebagai penyebab dari berbagai masalah yang terjadi pada tubuh kita seperti penyebab rambut rontok yang saya share di artikel sebelumnya. stres juga berpengaruh terhadap wajah kusam karena kelenjar yang mengontrol emosi akan meningkat dan mempengaruhi wajah menjadi gampang berjerawat, pergantian kulit yang terlalu cepat (psoriaris), bintik-bintik merah serta gatal-gatal.

Diet

Program diet yang tidak teratur mengakibatkan kurangnya nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Pola makan yang tidak teratur inilah yang menyebabkan kurangnya asupan bagi tubuh maupun wajah tidak optimal. Sementara kulit memerlukan protein dan vitamin yang cukup agar tetap sehat dan tidak kering. Masalah seperti gangguan nafsu makan sangat berpengaruh sekali terhadap tubuh maupun kulit wajah. So jika sedang melakukan program diet, lakukanlah dengan benar dan teratur. Jangan sampai merugikan atau merusak keseimbangan yang diperlukan tubuh melalui makanan yang kita konsumsi.

Sinar ultraviolet

Terkena sinar matahari langsung tentunya menyebabkan kulit kering dan berminyak dan wajah terlihat sangat kusam dan perih kalau terlalu lama. Usahakan bagi sobat yang bekerja di luar ruangan atau sedang melakukan aktivitas di luar rumah, gunakanlah pelembab wajah atau tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar matahari setidaknya mengurangi radikal bebas yang terpancar langsung pada kulit wajah. Masalah ini apabila dibiarkan terus menerus dapat berdampak kanker kulit. Jadi lebih baik mencegah dari pada mengobati kan?

Waktu tidur yang kurang/suka begadang

Angin malam memang sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh begitu juga dengan wajah. Waktu tidur yang kurang atau suka begadang merupakan penyebab wajah kusam yang paling signifikan. Mengapa tidak, akibat dari kurang tidur membuat wajah menjadi terlihat lesu, berjerawat, munculnya lingkaran hitam di sekitar mata seperti mata panda. Disisi lain wajah juga membutuhkan istirahat yang cukup untuk proses regenerasi kulit baru, dan waktu yang ideal untuk beristirahat sekitar 6-7 jam perhari. Istirahat yang cukup juga dapat menjadikan wajah sobat lebih sehat dan cerah. Penyebab wajah kusan yang satu ini apabila dibiarkan dapat berdampak pada penuaan dini dan kulit wajah terlihat mengkerut dan keriput.

Merokok dan minuman beralkohol

penyebab wajah kusam
Sepertinya kita sudah tahu efek dari bahaya merokok, dalam kemasan rokok pun dicantumkan efek dari merokok yang sangat berbahaya terutama bagi wanita. Dampak merokok bagi wanita lebih besar ketimbang pria. Karena hormon esterogen pada wanita tidak mampu mengikat efek dari kandungan rokok. Penyebab wajah kusam yang satu ini sangat terlihat jelas pada wajah yang kelihatan lebih tua/penuaan dini. Berdasarkan penelitian bahwa wanita yang merokok terlihat 10 tahun lebih tua dari usia aslinya. Efek dari rokok ini ialah mengikat bakteri baik, darah merah dsb. Menghambat peredaran darah dan oksigen ke kulit yang menjadikan rokok sebagai penyebab wajah kusam karena terlihat meninggalkan flek dan noda hitam, wajah terlihat kotor dan kusam. Begitu halnya dengan minuman beralkohol yang membuat kulit menjadi kering karena kekurangan cairan dan terlihat keriput. Namun meminum alkohol tidak separah merokok sebagai penyebab wajah kusam yang juga sangat berbahaya untuk kesehatan. Meminum anggur merah memang baik untuk kesehatan kulit tetapi, tidak lebih dari satu gelas.

Kosmetik

Penggunaan kosmetik juga sebagai salah satu penyebab wajah kusam apabila pemilihan dan cara penggunaannya tidak teratur. Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda dan setiap produk yang digunakan tidak selalu cocok dengan kulit wajah kita. Biasanya penggunaan kosmetik yang tidak cocok berdampak pada iritasi kulit, kemerah-merahan dan tentunya terlihat kusam. Jadi bijaklah bagi sobat para wanita dalam memilih kosmetik yang benar dan komposisinya terbuat dari bahan-bahan yang aman untuk digunakan.

Artikel terkait :

Cara mengatasi kulit wajah yang kusam


Category Article

One Response to “Berbagi Tips, Informasi, dan Pendidikan”

Komentarlah jangan baca doank...