Rambut Rontok

rambut rontok
Rambut rontok menjadi masalah yang sering dialami oleh kebanyakan wanita pada umumnya. Kondisi dimana rambut terjatuh pada saat keramas atau menyisir. Hal ini menjadikan rambut kian menipis karena rambut rontok. Oleh karena itu banyak wanita yang mencari-cari obat untuk mengatasi rambut rontok. Mulai dari shampo atau kondisioner dan segala macam bentuk obat untuk mengatasi rambut rontok banyak beredar di pasaran. Sebenarnya semua itu tidak perlu untuk dilakukan kalau kita dapat mengetahui penyebab dari rambut rontok dan dapat melakukan pencegahan sebelum kerontokkan itu terjadi. Berikut ini saya sedikit share mengenai penyebab rambut rontok

Asupan Makanan

Tentunya kita sudah tahu bahwa rambut juga memerlukan asupan untuk menjaga siklus pertumbuhannya. Dengan kurangnya asupan makanan yang baik maka dapat mengganggu pertumbuhan rambut dan dapat menyebabkan rambut rontok dan gampang patah. Oleh karena itu penting bagi kita untuk menjaga asupan makanan yang kita makan sehari-hari agar  kandungan yang terdapat dalam makanan itu bisa mencukupi kebutuhan tubuh termasuk rambut. Itulah mengapa orang yang melakukan program diet sering mengalami rambut rontok dan kusam.

Stres

Orang yang sering stres tentunnya banyak pula mengeluarkan hormon yang dapat mempengaruhi terserapnya vitamin B sebagai zat yang diperlukan untuk pigmentasi. Karena dipengaruhi oleh tingkat stres yang tinggi dapat menyebabkan orang lebih cepat beruban. Alopecia juga merupakan salah satu penyebab rambut rontok dimana sistem kekebalan tubuh yang menyerang sel-sel pada rambut yang menyebabkan rambut kekurangan nutrisi dan menghambat pertumbuhannya sehingga terjadilah rambut rontok.

Gangguan Tiroid

Tiroid merupakan sebuah kelenjar yang posisinya berada di leher tepatnya di bawah jakun. Tiroid menghasilkan hormon tiroid yang fungsinya untuk mengatur kecepatan metabolisme tubuh. Dengan demikian kadar hormon tiroid sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan metabolisme tubuh termasuk rambut. Berikut merupakan gejala dari gangguan tiroid termasuk masalah rambut rontok atau tipis.

rambut rontok


Anemia


Seperti yang kita ketahui bahwa anemia merupakan kurangnya zat besi pada sel darah merah yang menyebabkan si penderita mengalami 5L (lemah, letih, lesu, lunglai, lemes). Tahukah anda bahwa zat besi juga sangat diperlukan oleh folikel rambut. Apa itu folikel rambut bisa anda lihat pada gambar berikut
rambut rontok

Itulah sedikit penjelasan mengenai penyebab rambut rontok yang mungkin berguna untuk anda yang ingin mengatasi masalah rambut rontok. Sedikit tambahan mengenai penyebab rambut rontok yang saya baca akhir-akhir ini di Kompas yaitu ada 6 penyebab rambut mengalami kerontokkan diantaranya : Kurang nutrisi,  kurang merawat rambut, gen, kehamilan, stres, sakit dan mengkonsumsi obat.

Okay dengan begitu kita sudah mengetahui apa saja penyebab rambut rontok dan tentunya segala bentuk hal sebagai pencegahan bisa kita lakukan untuk meminimalkan masalah rambut rontok mulai dari merawat rambut dengan benar karena rambut merupakan mahkota wanita yang harus dirawat dan dijaga dengan baik. Kemudian jagalah asupan makanan untuk tubuh kita, sedikitnya sangat berpengaruh juga terhadap kesehatan rambut dan berilah vitamin rambut jika memang diperlukan untuk menjaga keindahan rambut agar tetap sehat dan cantik.


Category Article

One Response to “Berbagi Tips, Informasi, dan Pendidikan”

Komentarlah jangan baca doank...