Cara mengatasi wajah berminyak

cara mengatasi wajah berminyak
Cara mengatasi wajah berminyak. Setelah kemarin saya sudah sharing mengenai cara menghilangkan jerawat secara alami, kali ini saya akan coba bahas mengenai cara mengatasi wajah berminyak yang merupakan salah satu penyebab kulit wajah berjerawat yaitu kulit wajah berminyak.
Bagi mereka yang memiliki masalah dengan wajah yang berminyak tentunya sudah merasakan bagaimana rasanya wajah kita terlihat kusam dan berminyak, so pasti gak nyaman banget dan jadi gak pede dengan wajah yang terlihat kusam karena berminyak. Tapi tahu kah sobat bahwa ada keuntungan bagi kita yang memiliki tipe kulit wajah yang berminyak. Menurut sumber yang saya baca dari mbah G dengan kata kunci cara mengatasi wajah berminyak bahwasannya mereka yang memiliki tipe wajah seperti ini sedikit lebih lambat mengalami penuaaan dibandingkan dengan tipe kulit wajah yang kering dan normal. Tapi tentunya bagi kita yang merasakan memiliki tipe wajah seperti ini tidak nyaman juga dengan kandungan minyak yang ada pada wajah.

Penyebab kulit berminyak

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kulit berminyak diantaranya adalah:
  • Pertama tentunya dari asupan makanan yang kita makan sehari-hari. Makanan yang memiliki kandungan minyak/kolestrol yang tinggi dapat berpengaruh terhadap kulit termasuk kulit wajah. 
  • Dalam masa pubersitas juga dapat mempengaruhi terbentuknya minyak berlebih pada wajah karena jumlah hormon pada masa itu meningkat lebih banyak, itu lah mengapa mereka yang usianya menginjak masa puber sudah mulai memiliki masalah dengan kulit wajah yang berjerawat dan berminyak. Karena pada usia tersebut kulit sangat sensitif dan mudah terserang masalah kulit berjerawat, apalagi ditambah penggunaan kosmetik yang berlebihan dan pemilihannya yang tidak tepat dapat memicu bertambahnya kadar minyak pada wajah. 
  • Faktor selanjutnya yang dapat mempengaruhi adanya minyak berlebih pada kulit wajah ialah faktor keturunan. Orang tua yang pada awalnya memiliki wajah yang berminyak bukan tidak mungkin akan menurun kepada anaknya  yang akan memiliki masalah dengan kulit wajah yang berminyak juga.

Pencegahan kulit berminyak

Sebenarnya cara mengatasi wajah berminyak ini dapat kita cegah dengan pola hidup yang bersih dan rajin untuk merawat muka. Berikut ini salah satu cara yang mungkin bisa sobat coba sebagai awal pencegahan cara mengatasi wajah berminyak.

  1. Usahakan setiap sobat selesai beraktifitas selalu membersihkan wajah dengan sabun wajah minimal dua kali sehari, agar setiap kotoran yang menempel akibat wajah berminyak dapat tersapu bersih dengan air. Penggunaan pembersih wajah juga harus sesuai dengan masalah kulit sobat. 
  2. Pada saat menggunakan clean skin usahakan lakukan pembersihan wajah pada area dahi, dagu, pipi dan hidung yang merupakan area yang cukup banyak mengeluarkan minyak.
  3. Sebenarnya minyak pada kulit wajah ini membantu agar kulit wajah tetap terjaga kelembabannya. Dan untuk menjaga kelembabannya dan agar kadar minyaknya juga dapat berkurang usahakan gunakan pelembab wajah khusus untuk kulit wajah yang berminyak.
  4. Kemudian seperti yang sudah saya katakan diatas bahwa asupan makan sangat mempengaruhi kadar minyak pada kulit wajah. Jadi kurangilah makanan seperti goreng-gorengan yang mengandung minyak dan kolestrol tinggi.
  5. Perbanyaklah meminum air putih, karena air putih dapat menjaga fitalitas tubuh agar tetap fit. Selain sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang, air putih juga dapat mengurangi kandungan minyak pada wajah.
  6. Dan cara pencegahan yang terakhir, bijaklah dalam penggunaan kosmetik pada wajah khususnya bagi wanita yang sering memakai kosmetik. Gunakan kosmetik yang tidak menyumbat pori-pori wajah.

Cara mengatasi wajah berminyak

Cara mengatasi wajah berminyak secara alami dapat sobat praktekkan dengan menggunakan bahan yang sobat mudah dapatkan. Bahan alami ini banyak kita jumpai pada berbagia jenis masakan, seperti sup, pepes dan banyak lagi yang lainnya (yang saya tahu cuma jenis masakan dua itu yang menggunakan bahan ini...hehe). Bahan untuk mengatasi wajah berminyak ini berupa daun-daunan yang mempunyai nama latin Apium Graveolens. Selain dijadikan salah satu penyedap masakan bahan ini juga dapat digunakan sebagai obat darah tinggi.
cara mengatasi wajah berminyak
Daun seledri begitulah orang indonesia memanggil jenis daun-daunan ini. Wangi nya yang khas dapat membuat masakan yang kita buat dapat memiliki cita rasa yang mantap. Daun yang memiliki khasiat luar biasa diantaranya sebagai penumbuh rambut karena rontok atau kebotakkan, daun seledri ini juga membantu mengurangi kadar minyak pada wajah. Tentunya kali ini kita tidak akan membahas mengenai masakan atau khasiat lain yang menggunakan daun seledri. Tetapi kita akan membahas kegunaan daun seledri sebagai cara mengatasi wajah berminyak. Kandungan yang terdapat pada daun seledri sangat banyak sekali sobat diantaranya ada protein, vitamin A, B1, B6, B12, dan vitamin K, zat besi, magnesium dan buanyak lagi yang lainnya yang mungkin bisa sobat cari di mbah google dengan kata kunci manfaat daun seledri. Oke kita kembali pada topik cara mengatasi wajah berminyak.

Cara penggunaan

Untuk penggunaan daun seledri ini sebagai cara mengatasi wajah berminyak dapat sobat praktekkan dengan cara sebagai berikut:

  1. Gunakan daun seledri secukupnya kira-kira cukup untuk digunakan nantinya pada wajah.
  2. Potong daun seledri kecil-kecil dan rebus potongan seledri tersebut pada air mendidih atau gunakan air yang memang benar-benar panas untuk merendamnya. 
  3. Diamkan sekitar 15-20 menit potongan seledri tersebut dalam air panas. Setelah menunggu kurang lebih 15 sampai 20 menit, biarkan air bekas rendaman daun seledri itu sampai dingin dahulu baru kemudian dioleskan pada wajah secara merata.
  4. Setelah dioleskan tunggu cairan rendaman itu kering di wajah sampai benar-benar meresap. Kemudian bersihkan atau bilas dengan air sampai bersih.
  5. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal sobat bisa gunakan ramuan ini cukup 2 hari satu kali saja dan coba liat hasilnya.

Oke sobat demikian yang bisa saya bagi mengenai cara mengatasi wajah berminyak yang saya ambil dari berbagai sumber. Semoga dapat bermanfaat untuk sobat semua dalam mengatasi wajah berminyak.


Artikel terkait

- cara menghilangkan jerawat
- cara mengatasi wajah kusam


Category Article

One Response to “Berbagi Tips, Informasi, dan Pendidikan”

  • Betul, agar terhindar dari kulit wajah berminyak memang kita harus rajin membersihkan kulit wajah minimal 2x sehari. Karena kotoran yang menumpuk akan menyebabkan penyumbatan pori-pori sehingga menimbulkan minyak berlebih. Jika dibiarkan akan tumbuh jerawat pada wajah.

Komentarlah jangan baca doank...